Friday, January 24, 2014

Buka bersama.

Hey mates.. ketemu lagi di bulan Ramadhan, bulan puasa, bulan yang penuh berkah, dan bulan penuh dengan kendaraan saat mudik. Alhamdulilah di usia gue yang beranjak 20 ini, Allah masih ngasih gue kesempatan untuk ketemu bulan ini lagi. Dan di usia gue sekarang, gue tertarik menyoroti fenomena yang terjadi setiap bulan puasa, yaitu buka bersama. Kenapa gue tertarik dengan hal ini ketimbang mudik yang dah pasti tiap tahun terjadi? Yap, menurut gue, bukber adalah acara yang mempunyai suatu ikatan emosional yang bIsa merekatkan lagi tali silaturahmi kita dengan teman sejawat. Secara lo tau banyak yang bilang buka bersama itu cuma acara seremonial yang kurang berarti dan gak mempunyai makna ibadah, tapi menurut gue, bukber itu kena banget bagi kita yang udah lama ga ketemu temen lama kita.

Pasti deh, setiap bulan puasa, lo bakal diajakin buat bukber, entah sama pacar lo, entah bareng temen SD dulu, temen SMP dulu, ato temen SMA dulu, ato bukber bareng komunitas lo di kampus. Pasti kita ngadain acara bukber buat merekatkan kekeluargaan kita. Itu sangat berarti men buat gue. Pengalaman tahun lalu, temen gue ngabarin ngajak bukber temen2 SD kelas 6 gue dulu. Masya Allah yaa... bisa diitung berapa tahun gue dah ga ketemu mereka, ada sih yang beberapa lanjutin bareng gue ke SMA ato kuliah yg sama, tapi ketemu mereka yang udah pisah semenjak lulus SD itu "SESUATU" banget. banyak yg jadi kurus ato makin gemuk semenjak lo ga ketemu mereka.

Well, tentunya acara bukber juga gak mesti ngelupain ibadah wajib kita yaitu solat. Karena apalah artinya kita ketemu dan ketawa-tawa kalo kita lupa sama kebutuhan kita, yaitu solat. Dan ini lagi-lagi gak menjadi penghalang buat gue. Karena pengalaman gue, setiap bukber pasti no problem dengan yang namanya solat. Dan temen-temen gue juga dah pada gede, jadi sekarang pada inget sama kebutuhannya yaitu solat. hehehhe... (saling mengingatkan)

Eits, lupa. Pasti tulisan gue kali ini berbau galau sedikit dengan kenangan masa lalu. Itu ga gue pungkiri karena mungkin dari bukber itu lo bisa ketemu pacar lo waktu SD dulu yang sekarang dah bertambah cantik, ganteng, atau macho. Atau lu bisa ketawa-ketawa ngecengin temen lo 
dulu yang suka maen jodoh2an waktu SD. hahahahaa.. Atau jadi tau dimana sekarang mantan lo kuliah. Ya, seperti itu lah berkah Ramadhan menurut gue, REUNION and REUNITE. Dan gue sangat menikmati momen-momen dengan temen-temen gue itu. Well, itu deh ungkapan isi hati gue tentang bukber, acara simpel tapi bermakna dan berkesan.

Tentang Penulis:
Nama: Sigit Puji Wicaksono
Twitter: @sigit_wicaks

No comments:

Post a Comment