Friday, January 3, 2014

Plan programming.

Hai sob, pastinya pernah dong jalan-jalan bersama keluarga menggunakan kendaraan pribadi? Motor, atau Mobil? Ya hanya untuk sekedar makan di luar, menghabiskan akhir pekan, bahkan untuk mudik. Dari perjalanan dekat sampai perjalanan jauh yang memakan waktu lama,]. Baik perjalanan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Atau acara dadakan.

Kondisi jalanan sekarang ini makin ramai, cenderung macet dimana-mana, semrawut bahkan. Ya, bisa dikatakan demikian. Kondisi seperti inilah; kondisi jalanan yang macet dimana-mana dan juga terkesan semrawut di banyak tempat. Kondisi inilah yang membuat pengemudi kendaraan bermotor atau bahkan penumpangnya menjadi stress. Kalian pernah mengalami kejadian ketika berkendara atau ketika bertindak sebagai penumpang, dimana ada kendaraan di depan kendaraan kita (mobil khususnya) yang jalannya pelan, lalu tiba-tiba sein kiri hanya untuk mampir ke penjual oleh-oleh, mampir ke warung, ataupun minimarket. Kalian sebel nggak sih? Udah di kanan-kiri ramai banget, nyalip susah. Eh tiba-tiba ada mobil di depan sein dadakan.

Selama ini sih saya sering menjumpai hal yang demikian itu ketika musim mudik, ataupun saat liburan panjang. Dan rata-rata penumpangnya adalah sekeluarga. ya mungkin alesannya sih sederhana. Sangat sederhana dan juga klasik. Mau beli oleh-oleh, mau beli minuman di minimarket, mau beli pulsa. Sadarkah bahwa hal yang demikian membuat kendaraan dibelakangnya menjadi sebal? Ya memang sih nggak parah-parah banget, tapi tindakan demikian mencerminkan kepribadian kita lho, sob.

Memang sih beberapa perjalanan adalah perjalanan yang tidak kita rencanakan. Akan tetapi kebutuhan pribadi kita selama dalam perjalanan sudah pada tau kan? Masing-masing dari kita pastilah tau apa yang diri kita sendiri butuhkan pada saat bepergian. Bohong kalo sampe ada yang bilang nggak tau.

Yang doyan ngemil dalam perjalanan, yang nggak bisa lepas dari rokok ketika nyetir mobil, stok minuman di mobil, atau pulsa handphone. Beli di dekat rumah kan bisa, atau sekali mampir ke supermarket ya beli semuanya, dipersiapkan semuanya. Supaya ketika kita sampai di titik macet, semua kebutuhan kita sudah tersedia di mobil. Dan kita tidak perlu repot-repot dan menambah kemacetan dengan 'ujug-ujug' sein kanan dan ke minimarket untuk sekedar beli rokok, cemilan, atau minuman kaleng. Intinya pastikan kebutuhan pengemudi dan penumpang dalam mobil terpenuhi. Ini untuk yang bawa mobil pribadi. Hal ini beda cerita kalo macetnya udah macet total sampai berhari-hari.

Jika sobat mau beli oleh-oleh, pastikan mau beli apa dan juga jangan lupa tanyakan tempatnya sekaligus 'ancer-ancernya' dihapal. Pastikan info tentang oleh-oleh yang sobat inginkan, lengkap dan juga jelas. Jadi tidak perlu lagi bingung-bingung pilih-pilih tempat untuk membeli oleh-oleh.

Memang simple sih, tapi akui saja, banyak yang nggak melakukannya kan? Masih banyak yang menerapkan pola pikir "nanti aja, dijalanan banyak kok". Memang itu bukan pelanggaran lalulintas, tapi itu etika. Gimana caranya kita menghormati sesama pengguna jalan. Gimana caranya kita bikin pengguna jalan dibelakang mobil kita jadi nggak sebal dengan cara berkendara kita.


Be smart ya sob, have a nice trip.

Tentang Penulis:
Nama: Herris
Akun twitter: @herristiawan

No comments:

Post a Comment