Sunday, January 5, 2014

Small but usefull.

Benda-benda kecil di kendaraan yang sering kita remehkan. Ada beberapa bagian dari kendaraan kita baik mobil, motor, bis, truk dan lain-lain, yang terkadang tidak terlihat penting dan sepele, dan sebenarnya benda-benda tersebut secara ukuran memang kecil dan ya memang banyak disepelekan. Padahal benda-benda ini sangatlah penting kegunaannya saat kita berkendara. Penting bagi keselamatan diri sendiri dan juga keselamatan orang lain.

Spion – kaca (sebenernya sih cermin) cembung dikiri kanan kendaraan kita. Walaupun kelihatannya kecil tapi fungsinya besar. Duh, saya kok ngga nyaman naik kendaraan dengan spion modifikasi murahan yang bentuknya menarik itu, spion modifikasi asalan berukuran kecil, apalagi roda 2 yang tanpa spion. Jangan sampai ya sob. 

Pabrikan kendaraan sudah memperhitungkan tata letak, ukuran dan bentuk spion menyesuaikan jenis, ukuran dan postur tubuh pengendara.Sayangnya banyak pengemudi roda 2 maupun roda 4 yang suka mengabaikannya. Oiya spion itu fleksible, aturlah, sesuaikan dengan postur tubuh masing-masing ya sob. Sobat mau belok – liat spion, mau ganti jalur – liat spion, mau nyalip – liat spion juga, mau parkir – liat spion, mau mundur – liat spion. Pada ngga mau celaka kan? Gunakan spion ya sob. Truk aja ada yang spion kirinya sampe 4 biji loh, kalian cuma pake spion 2 sampe 3 biji aja males banget sih?!

Lampu sein -  lampu kecil, kuning disisi kanan kiri kendaraan kita. Ini juga bentuknya kecil dibanding lampu lainnya. Kenapa lampu sein warnanya kuning? Itu karena lampu sein adalah tanda. Sein ini hampir sepaket sama spion penggunaannya. Sobat mau belok – nyalain sein, mau nyalip – nyalain sein, ganti jalur – nyalain sein. Hampir sama kan dengan penggunaan spion tadi, makanya saya bilang tadi penggunaan spion dan sein hampir sepaket. Pada mau selamet kan? Jangan males gunakan lampu sein saat berubah arah.

Eh, pasti sobat pikir pembahasan spion & sein ini basi yah?! Yah, mungkin tulisan pembahasan ini basi, tapi sudahkah sobat menggunakan 2 benda itu sebagaimana mestinya? Ask your self.
Sampai jumpa di tulisan lainnya.. 

Keep safety riding, safety driving & be smart dijalan ya sob.

Tentang Penulis:
Nama: Herris
Twitter: @herristiawan

No comments:

Post a Comment