Friday, January 3, 2014

Jalur alternatif tengah.

Jalur alternatif tengah, di hari biasa atau saat non-musim mudik, sangat sepi dan jarang dijadikan pilihan bagi para pengendara kendaraan bermotor. Jalur ini memang sangat minim segalanya. Mulai dari spbu hingga penerangan dan juga kondisi jalan yang sempit. Jangankan untuk menjadikannya sebagai pilihan saat melalui pantura, memikirkannya saja jarang terlintas di benak para sobat pantura. Pagi hari, jalur ini sangatlah indah, menjelang siang maka jalur ini akan menjadi gersang.

Malam hari, non-musim mudik, jalur ini sangatlah gelap dikarenakan minim akan penerangan. Hal ini berubah drastis saat musim mudik tiba, apalagi saat puncak arus mudik terjadi. Jalur tengah yang pada hari biasa sangatlah sepi, mulai dilirik para pemudik. Bahkan tidak jarang jalur tengah pun jadi macet. Kesan horror dan seram jalur tengah ketika hari biasa hilang ditelan lonjakan pemudik yang menggunakan jalur tengah.

Jalur Tengah Pantura Jawa Barat mulai Pintu Tol Sadang di Kabupaten Purwakarta melintasi Indramayu, Sumedang, Majalengka dan Cirebon sepanjang 147 Km bisa menjadi pilihan alternatif bagi pemudik kendaraan pribadi yang ingin santai sekaligus menikmati pemandangan hutan jati. Dan juga menghindari ruas utama pantura yang sudah tidak bisa menampung lonjakan pemudik pada saat puncak arus mudik terjadi.

Rute jalan alternatif yang bakal ditempuh pengendara mulai pintu keluar Tol Sadang di Kabupaten Purwakarta terus ke arah Kalijati-Subang -Cikawung sampai Cijelag di Kabupaten Sumedang kemudian berbelok ke kiri menyusuri ruas jalan Bandung-Cirebon melintasi Kadipaten, Jatiwangi dan Palimanan.

Bagi kami, jalur alternatif ini kami katakan intinya adalah ingin men-skip Indramayu yang sering menjadi penghambat utama pemudik dengan segala kemacetan yang terjadi disana. Bisa juga dikatakan dari Cikampek langsung tembus Cirebon tanpa lewat ruas utama pantura. Berikut rute yang bisa kami kabarkan kepada sobat mengenai jalur alternatif tengah ini:

1. Cikampek-Cirebon via Subang, Palimanan.
Lepas tol cikampek ambil jalur yang ke sadang sampai perempatan ambil arah Kalijati, sampai tembus Subang. Dari Subang terus sampai Karangbungur, kemudian Cikamurang sampai tembus Kadipaten. Dari Kadipaten lanjut kearah Jatiwangi sampai tembus Palimanan, dan Cirebon.

2. Pamanukan-Cirebon via Subang, Palimanan.
Telat ambil jalur alternatif tengah? Terjebak macet di Pamanukan? Tenang, berikut rutenya kami sajikan untuk sobat pantura.
Dari pamanukan ke arah Binong hingga Pagaden lalu tembus Subang, lanjut terus ke daerah Karangbungur. Kemudian Cikamurang, tembus Kadipaten, dari Kadipaten arah Jatiwangi, hingga Palimanan dan Cirebon.

Jadi tidak ada salahnya menjadikan jalur alternatif tengah sebagai pilihan saat sobat mudik nanti, dengan berbagai persiapan ekstra tentunya.

Dari kami.
Tim admin @HaloPantura.
Untuk anda.

Note: Kadipaten, Palimanan, Cirebon rawan macet. 

8 comments:

  1. Jalur tengah jawa tengah juga min :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi kluar Tol sadang arah k subang kata tmn ane rusak parah ya min,gmn menurut ente skrg gan ? Thx

      Delete
    2. untuk jalur tengah, kondisi jalannya memang rusak mas

      Delete
  2. Om Mod, saya ada rencana selasa bsok mo ke jawa tengah(salatiga). & mau lewat jalur tengah. kira2 lebih baik lewat pantura apa jalur tengah ya om mod. klo sama2 rusak jlnnya, kira2 lebih parah pantura apa jalur tengah? sebelumnya trims y om, untuk informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om adi, ane juga perlu info wat besok selasa..kira kira ada yang bisa kasi tau nggak ya baiknya lewat pantura apa jalur tengah? karena menurut info yan g ane dapet dua2nya juga rusak

      Delete
  3. Jalur tengah saat ini masih ada sedikit perbaikan untuk antisipasi lonjakan arus mudik. Mulai awal tahun sampai bulan ini, jalur tengah sedang ada perbaikan karena jalut tsb rusak lumayan parah.

    ReplyDelete
  4. Oom Mod..mau minta msk an di libur natal n th baru ini tepatnya tgl 24 kami sekel akan ke jatim. Apakah biasanya jalur pantura stlh keluar tol cikampek biasanya mct...gimana kl jalur tengah subang crbn via jatiwangi apakah jln nya sudah bagus dan apakah akan mct biasanya di liburan akhir tahun.

    ReplyDelete